Tempat Wisata Muaro Binguang - Sumatera Barat

tempat wisata



CaranoAdventure - Muaro Binguang bisa dikatakan sebagai hidden place di utara Sumatera Barat. Selain karena tempat wisata ini belum populer, lokasinya juga jauh dari pemukiman warga. Selain itu, akses jalan menuju Pantai Muaro Binguang juga tidak mulus. Namun, hal tersebut juga yang membuat Pantai Muaro Binguang menjadi destinasi yang rancak. Ciri khas pantai yang bersih dengan pasir putihnya adalah idaman setiap orang. Pantai Muaro Binguang terletak di Desa Mandiangin, Kabupaten Pasaman Barat.

Terik matahari terasa mendidih di ubun- ubun. Ditambah kondisi jalan bebatuan yang bergelombang dan berdebu membuat otot- otot lengan pengendara semakin di uji. Yang terlihat disamping kiri dan kanan selama perjalanan hanya deretan perkebunan kelapa sawit milik PT PMJ, beberapa perumahan karyawan PT PMJ dan sungai keruh yang mengalir dengan tenangnya.

Namun perjalanan yang cukup melelahkan hilang seketika, ketika dari kejauhan tampak beberapa pohon cemara yang berdiri dengan gagahnya. Pori- pori terasa melebar, udara panas dan hembusan debupun seakan berubah. Rasanya seperti berdiri ditengah hamparan salju yang luas, dan hembusan anginnya membawa butiran- butiran salju yang dinginnya sampai menusuk ketulang. Hati dan pikiran mulai tenang, guncangan demi guncangan berubah menjadi bayangan akan pesona indahnya pantai muaro binguang.
Cemara yang tampak jauh, kini mulai dekat dan semakin dekat. Deburan ombak sudah mulai terdengar, jalan berpasir putih sudah mulai dilalui, dan sekitar beberapa meter lagi kita benar- benar akan sampai pada tempat wisata yang menyuguhkan pesona alam bahari yang sungguh menakjubkan.

Sungguh tidak akan mengira bahwa pantai Muaro Binguang yang letaknya agak jauh di pedalaman ini, memiliki potensi wisata alam dan lautnya yang sungguh indah. Jajaran cemara yang tersusun dengan rapinya, pelestarian bakau yang begitu diperhatikan, nyiur hijau yang melambai dengan indahnya, Aneka tumbuhan dengan bunga yang indah dan banyak pohon- pohon serta binatang yang harus dilestarikan di kawasan ini. Pemerintah juga telah mengeluarkan pemberitahuan larangan menebang pohon, membunuh satwa dan merusak lingkungan dikawasan pantai Muaro Binguang. Pantai Muaro Binguang ini adalah satu- satunya tempat wisata di Sumatera Barat yang akses kepantainya harus menyeberangi muara terlebih dahulu.
Pantai Muaro Binguang ini terletak didesa Mandiangin. Untuk bisa sampai kelokasi ini, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Dengan mulai startnya dari daerah tempurung, Kecamatan Kinali kabupaten Pasaman Barat. Kemudian masuk kekampung Pisang dan terus kedesa Wonosari. Setelah pengabisan jalan Wonosari, kita akan bertemu dengan jalan bebatuan dan kerikil. Jarak dari daerah Tempurung ke lokasi wisata sekitar 20 km sedangkan jarak dari penghabisan aspal desa Wonosari sampai kelokasi wisata sekitar 10 km. Dibeberapa titik deretan kebun kelapa sawit milik PT PMJ, terdapat beberapa perumahan warga dipinggir sungai, dan terdapat juga pos satpam di pertengahan jalan menuju ke lokasi wisata.
Dari nama objek wisata  “Pantai Muaro Binguang”, kita mengira nama ini agak unik. Bagaimana tidak, sudah terdapat kata “pantai”, terdapat juga kata “Muaro”, ditambah lagi dengan julukan “Binguang”. Nama ini memang sedikit unik, karna banyak mitos ataupun pendapat orang tentang keadaan pantai muaro binguang ini.
Ada sebagian orang yang menganggap apabila kita datang kelokasi ini, yang terlihat hanya muaranya saja. Sedangkan kalau dilihat dari muara, pantainya tidak akan terlihat dengan jelas apabila kita memandangnya tidak teliti. Yang terlihat hanya mercusuar, puluhan pulau yang dihuni beraneka jenis satwa dan bermacam- macam tumbuhan. Sehingga dengan keadaan pandangan seperti itu, mereka akan merasa bingung, dimana letak  pantainya.
 Sedangkan pantainya terletak dibalik puluhan pulau yang mengitari muaranya. Tetapi bila kita amati dengan seksama, tampak jelas bahwa dibalik pulau itu terdapat pantai  berpasir putih yang indah, berombak besar dan memiliki pesona sunset yang menawan, dikarena Pantai Muaro Binguang ini berbatasan langsung dengan samudera Hindia di Pesisir Barat Sumatera.
Ada juga sebagian orang yang mengatakan, asal- usul dinamakan Pantai Muaro Binguang karna apabila kita mulai menyeberang dari muara menuju laut atau pulaunya, ketika akan kembali lagi kita akan bingung dimana posisi pertama kita mulai menyeberang tadi. Seakan- akan daratan pinggir muara itu tampak sama, apalagi ketika terjadi pasang surut air laut.


Apabila wisatawan benar- benar ingin merasakan kenangan yang tidak akan pernah terlupakan, sebaiknya wisatawan menyeberang menuju pantainya pada saat air mulai surut, karna kita dapat dengan mudah menyeberang dengan berjalan kaki. Selama penyeberangan, kita akan disuguhkan dengan keindahan karang- karang muara, gerombolan burung laut yang sedang mencari ikan dan terkadang kita akan banyak menjumpai ikan- ikan yang berada pada posisi surutnya air. Kita juga bisa mencari kerang- kerang laut atau lengkitang. Banyak juga warga sekitar yang mencarinya untuk dijual dipasar.
Untuk wisatawan yang memiliki hobi berselancar, ombak dipantai Muaro Binguang ini cocok untuk menyalurkan hobi. Ombak dipantai Muaro Binguang termasuk kedalam kategori ombak ukuran sedang, lebih cocok untuk peselancar pemula. Wisatawan juga bisa menyeberang dengan kapal nelayan menuju Pantai Sasak yang juga sama terkenalnya dengan Pantai Muaro Binguang. Bedanya Pantai Sasak memiliki udara yang agak panas, sedangkan dipantai muaro binguang udaranya sangat sejuk karna dimana- mana banyak terdapat pepohonan.
Biasanya pantai Muaro Binguang ramai dikunjungi ketika hari- hari besar seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pada saat itu kita bisa menikmati banyak permainan, hiburan dan kuliner- kuliner yang beraneka ragam. Namun tidak hanya ramai pada saat hari- hari besar saja, tapi pada saat hari libur juga banyak yang mengunjungi tempat wisata ini sekedar untuk bersantai atau memancing ikan. Warga sekitar juga banyak menyediakan makanan khususnya masakan khas Padang.
Pantai muaro binguang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pasaman Barat karna keindahan alamnya dan kesejukannya mampu memberikan ketenangan setelah beberapa hari letih melakukan ativitas serta untuk mendapatkan inspirasi untuk ide- ide besar sambil bersantai, kita juga bisa bakar ikan laut segar sendiri. Kayu bakar yang sudah disediakan oleh alam disekitar muara, sedangkan ikannya bisa didapatkan dari hasil tangkapan penduduk yang banyak tinggal disekitar muara. (**)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Muaro Binguang - Sumatera Barat"

Post a Comment